Sunday, January 29, 2012

Inkling, Mainan Baru Dari Wacom Untuk Para Desainer

Jakarta, 29 Januari 2012


Desainer dan para pelaku dunia kreatif begitu dimanjakan oleh teknologi. Gadjet yang mempermudah pekerjaan industri kreatif semakin canggih dan semakin menggunung dari berbagai produsen.

Salah satu produsen yang menjadi incaran banyak desainer adalah Wacom. Wacom dapat dibilang menjadi produsen yang mengkhususkan diri pada gadjet bagi para desainer profesional, lihatlah produk - produk series Cintiq, Intuos, serta bamboo yang benar - benar memberikan satu kemudahan dalam berkreasi.

Setelah menelurkan berbagai macam tablet untuk membuat desainer semakin mudah melakukan eksekusi dalam digital art, kini Wacom mengeluarkan series Inkling.



Inkling, Terobosan Terbaru Bagi Para Manual Designer


Product Inkling merupakan satu pencerahan bagi Manual Designer yang biasa bekerja dengan menggunakan sketch manual baru kemudian diretouch ulang secara digital.
Dengan menggunakan refill inkling pen dengan ketebalan 1.0 mm, kita dapat mengerjakan sketch manual kita pada kertas sketsa sampai kertas notes. Cukup kita letakkan kotak Inkling receiver pada bagian tepi kertas, dalam posisi yang kita inginkan lalu kita menggambar dengan menggunakan ballpoint tinta. Inkling dapat secara langsung memasukan data gambar manual yang kita inginkan dalam bentuk digital.

Man...that's awesome!!!

Sementara kita bekerja dalam goresan goresan sketsa, dengan menekan tombol new layer pada Inkling receiver kita dapat memasukannya dalam bentuk layering, hal ini dapat mempermudah retouch dalam bentuk digital dengan program Adobe Photoshop maupun Illustrator.

Inkling menggunakan teknologi ultrasonik dan infrared. Inkling pen dan Inkling receiver hanya membutuhkan recharge saja, jadi kita tidak perlu merasa repot karena sibuk dengan lilitan kabel ketika hendak bekerja atau mencari - cari stop kontak. Untuk Pen diperlukan recharge selama 8 jam, sedangkan untuk receivernya diperlukan waktu 15 jam.

Product Inkling terdiri dari
Inkling Digital Pen
Rechargeable Pen battery
Pen ink cartridge
Charging Case
Receiver
Rechargeable Receiver Battery
USB cable
Spare pen ink cartridges (4)
Inkling Sketch Manager Application (located on the Inkling receiver)
Quick Start Guide and electronic User’s Manual
Sistem Komputer yang diperlukan adalah
Windows 7, Vista or XP (SP3, 32 or 64 bit versions),
Mac OS 10.4.0 (or later)

kalau yang dibawah ini Spesifikasi dari peralatan dari Inkling...

Technical Specifications

General

Tracking Technology Inkling uses ultrasonic and infrared technologies.
Supported Paper Sizes Maximum paper size: A4 paper 8.27” x 11.69 inches (210 x 297 mm) Inkling can be used on larger paper sizes but will only record a drawing area of this size. Inkling will not record strokes made within 0.8 inches (2 cm) of the receiver.
Paper Inkling does not require any specialized paper. It is intended to be used with standard paper or Sketchbooks on flat, rigid drawing surfaces.
Charging Charging: USB (powered port). Pen and receiver charge inside Inkling case.
Pen Specifications
Dimensions 6.1 in. (L) x 0.67 in. (D) x 0.614 in. (H) or (154 mm (L), 17 +/- 0.4mm (W), 15.6 mm (D max))
Weight 0.67 oz (19g)
Ink Refill Standard Mini Ballpoint ink refill (1 mm ball size), black ink
Battery Type - Rechargeable battery, Ni-MH
Charging time <3 hours
Ballpoint Pen Pressure levels 1024 levels
Accuracy Main drawing area of A4 paper : approximately +/- 0.1 in. (2.5 mm)
Margins of A4 paper: approximately +/- 0.2 in. (5.0 mm).
Receiver Specifications
Dimensions 2.8 in. (L) x 1.26 in. (D) x 0.67 in. (H) or (71 mm (L) , 32 mm (W) , 17 mm (H))
Weight 1.37 oz (39 g)
Working time >8 hours
Charging time <3 hours
Battery Type: Rechargeable Li-Polymer battery
Sketch Manager Application
System requirements Windows 7, Vista or XP (SP3, 32 or 64 bit versions), Mac OS 10.4.0 (or later)
Supported file formats Layered File Export: Adobe® Photoshop® or Adobe® Illustrator® CS3 or later and Autodesk® SketchBook® Pro or SketchBook Designer (2011 or later). File Saving Formats: JPG, BMP, TIFF, PNG, SVG and PDF.
Kelemahan dari Inkling
Namun kekurangan dari Inkling adalah produk belum dapat menerima sketsa pencil. Serta pemakaian penggaris maupun templates juga belum dapat dilakukan karena kedua benda tersebut menghalangi gelombang IR dari receiver untuk melakukan scanning terhadap sketch yang kita lakukan. Dapat dibilang Inkling benar - benar digunakan murni untuk manual sketch.
Selain itu, juga tidak disarankan untuk penggunaan di luar ruangan. Untuk hasil terbaik ketika menggunakan di luar ruangan, yaitu dengan melindungi receiver dari sinar matahari langsung. Sinar matahari langsung pada receiver dapat mengganggu sinyal infra red.
Sekarang dari pada penasaran bagaimana cara kerja Inkling dari wacom, lihat official video dari wacommengenai Inkling yang saya unduh dari Youtube...

Untuk ketersediaan produk di Indonesia, saya sendiri masih terus mencari tahu. Namun untuk daerah Amerika Serikat Harga Inkling dibanderol dengan harga $199.00. Untuk satu gadjet menyenangkan seperti ini, saya rasa harga tersebut sangat masuk akal.... :)
Happy design
Salam
Farina
Sumber :
Official Website of Wacom... Click Here
Official Website Of Inkling Wacom.... Click Here

No comments:

Post a Comment

Powered By Blogger