Wednesday, July 11, 2012

Bunga Melati

Tidak  ada  yang  paling  aku  sayangi  dibandingkan  dengan  bunga  matahari.  Dia  adalah  bunga  yang  bersinar  diantara  berjuta  bunga  dengan  warnanya  yang  sangat  cerah.  Kuning  dengan  kegelapan  hitam  di  bagian  tengah.  Seperti  matahari  sedang  dalam  gerhana,  tertutup  kegelapan  tetapi  tetap  memancarkan  sinar  disekelilingnya.

    Dan  aku  ingin  menjadi  seperti  itu….bersinar  layaknya  matahari.  Memberikan  kehangatan  dan  terang  kepada  semua  orang.  Aaahhh….tapi  aku  tak  bisa  seperti  itu.  Aku  terkungkung  oleh  kegelapab  jeruji  sel  ini.  Menyebalkan.

    Sudah  berhari - hari  aku  berbaring  di  atas  ranjang  berwarna  putih  ini.  Sangat  menyebalkan.  Tapi  aku  suka….aku  suka  berbaring  seperti  ini.  Merasakan  sepoi  angin  bertiup  dari  jendela…menyertai  wangi  bunga  melati  yang ditanamkan  oleh  Bunga  di  bawah  jendela  kamarku.

    Hei…aku  kangen  Bunga.  Apakah  dia  masih  tetap  secantik  pertama  kali  kami  bertemu  di  waktu  SD  dan  senyumannya  masih  secerah  mentari  pagi  ?  Aku  kangen  manusia  itu….aku  ingin  menjitak  kepalanya.

    Ahhh….aku  ingin tertidur  sebentar.  Ingin  mengulang  memori  yang  usang  dikepalaku….  Huaaahh….aku  mengantuk.





......

    “ Dino…Dino…hei,  apakah  kamu  mendengar  aku  ?  Bangun,  Pemalas…”  teriak  seseorang  dikupingku.  Segera  aku  membuka  mataku.  Hei…dimana  ini…bukankah  aku  seharusnya  berada  di  dalam  kamarku  yang  dingin,  monoton,  kaku,  tapi  menguraikan  wangi  angin  dan  melati ?
    Sejenak  cahaya  matahari  membuat  mataku  terpicing.  Silau.  Tidak  pernah  aku  sesilau  ini.  Tak  lama  kemudian  aku  sudah  mampu  menatap  padang  bunga  matahari  yang  maha  luas.  Dan  sedetik  kemudian  aku  merasakan  jemariku  digenggam  oleh  seseorang.  Aku menoleh  menatapnya.
    “ Bunga….”  Bisikku  tertahan.  Bunga  yang  paling  aku  sayangi  sedang  tersenyum  dengan  indahnya.
    “ Dino…Pemalas!!!  Dari  kemarin  Bunga  sudah  mencoba  membangunkan  Dino.  Dino  tidur  terus…..Bunga  kesel  !!! “  gerutu  Bunga  sambil  cemberut.
    Aku  tersenyum  melihatnya  merajuk.  “ Hei…Sayang,  bukan  salah  Dino  kalau  Dino  tidak  bisa  bangun….tanya  sama  yang membuat  Dino  tidak  dapat  bangun.  Bunga  jangan  marah  dong….”  Bujukku  sambil  memeluknya  dan  mencoba  menghirup  wangi  tubuhnya  yang  khas.  Wangi  yang  selalu  aku  rindukan.   Tiba – tiba  tubuhku  bergetar  dan  sekeliling  kami  berubah  menjadi  padang  yang  tandus.  Tak  lama….datang  beberapa  pria  berwajah  merah  yang  dengan  segera  merenggut  Bunga  dari  pelukanku.
    Bunga  memberontak  dalam  pegangan  mereka.  Dan  aku  hanya  mampu  terdiam  terpaku.  Mulutku  terkunci.  Tanganku  terikat  sesuatu  yang  tak  terlihat.  Hanya  pikiranku  yang  mampu  berteriak….dan  seketika  itu  juga  tubuhku  bergetar  dengan  hebat….

.....

    “ Dino…Dino…ayo  bangun….”  Dan  mataku  langsung  terbuka.  Peluh  membasahi  tubuhku.  Mataku  menoleh  menatap  manusia  yang  menggoyangkan  tubuhku.  Seorang  suster.  Aku  menatap  dirinya.  Suster  tua  yang  begitu  peduli  padaku.

    “ Waduh…Mas…mimpi  apa  tho…kok  keringetan  seperti  ini….hayo,  sini  Ibu  lap  dulu.  Kalau  udah  minum  obat  yaa…”  sapa  Suster  Miranda  itu.  Ia  mendudukan  diriku  untuk  memandikan  diriku.
    “ Mas…jebulane  kowe  ki  kenopo  tho…bisa  dimasukkan  oleh  saudara  di  Rumah  Sakit  Jiwa  ini ?  Padahal  kowe  ki  hanya  tidak  mau  ngomong  saja.  Ngomong  tho  Mas…biar  Ibu  ki  bisa  lebih  mengerti  ono  opo. “  Suster  Miranda  terus  berbicara  denganku  sambil  mengelap  tubuhku  dengan  air  hangat.  Sudah  5  bulan  sepertinya  aku  berada  di  dalam  kamar  yang  baru sekarang  aku  tahu  sebuah  rumah  sakit  jiwa.

    Ada  sesuatu  yang  membuatku  tidak  mampu  berbicara.  Ada sesuatu  yang  menghilang  dalam  otakku….yang  seharusnya  aku  mampu  mengingat  dengan  jelas.  Entah  apa  itu….berkali – kali  aku  mencoba  untuk  mengingat…berkali – kali  pula  aku  harus  berteriak  kesakitan….dan  sejak  saat  itu aku  berhenti  mengingat  sesuatu….

    “ Nah…sudah  selesai.  Ayo,  mas  Dino  tiduran  lagi…tapi  jangan  tidur  yo.  Sebentar  lagi  waktunya  makan.  Ta’  tinggal  dulu  yo…”  dan  Suster  Miranda  meninggalkanku  dalam  kediaman  yang  begitu  sunyi.

    Aku  menatap  sebuah  lukisan  bunga  matahari.  Ada  sebuah  tanda  tangan  disana.  Aku  berusaha  untuk  memperjelas  penglihatanku.  Bunga.  Hei…tanda  tangan  itu  milik  Bunga.  Pantas  saja…sebab  hanya  dia  yang  tahu  kalau  aku  sangat  menyukai  bunga  matahari.  Aku  ingin  menggapai  lukisan  itu.  Siapa  tahu  aku  bisa  membuat  otakku  menjadi  lebih  baik.  Siapa  tahu  aku  bisa  mendapatkan  memori  tentang  Bunga  dengan  lebih  dalam.

    Dengan  sedikit  rikuh  aku  mengembangkan  tangan,  seakan  mampu  memeluk  lukisan  itu  dari  tempatku  berbaring.  Dan……BZZZtttt……seakan  ada  listrik  yang  mengenai  seluruh  tubuhku.

    Seketika  itu  juga  berkelebatan  semua  hal  yang  selama  ini  kurasa  sebagai  sebuah  déjà vu.  Bunga  yang  tersenyum.  Bunga  yang  mencintaiku.  Bunga  yang  mengandung  anakku.  Bunga  yang  diperkosa  oleh  sekelompok  orang  suruhanku.  Bunga  yang  tergelepar  pingsan  di  kamar  rumah  sakit.  Bunga  yang  tertidur  diam  dalam  peti  matinya.  Dan  aku  yang  telah  membunuhnya.

    Dan….seketika  itu  pula  semua  memori  yang  berjalan bagai  putaran  angin  itu  berhenti  sekejap.  Tepat  pada  ingatan  mengenai  sebuah  surat  Bunga  padaku  dan  sebuah  surat  undangan  pernikahan.

    ........Dino…maafkan  Bunga…Bunga  akan  menikah  dengan  Dr.  Hamid.  Dr. Hamid bersedia menerima kondisi Bunga karena dia dan Bunga  tahu tidak  mungkin  hidup  dalam  pernikahan  denganmu.  Maafkan  Bunga….Bunga  tidak  bisa  menikah  dengan  seorang  pria  dengan  jiwa  yang  sakit.  Bunga  tidak  mungkin  menikah  dengan  seorang  Psikopat….   Maaf.  
Bunga  selalu  mencintai  Dino.  
Selamat  tinggal.........

Sepenggal  ingatan  mengenai  surat  dari  Bunga  itulah  yang  membuka  semua  ingatan  yang  tertelan  selama  5  bulan  ini.  Penghianatan  yang  terlalu  sakit  untuk  tidak  dibalas.  Dan  untuk itulah  aku  membunuh  Bunga  dengan  segala  rasa  cintaku.  Seperti  aku  membunuh  anak  hasil  cintaku  dengannya.

 Melati.

Well…aku  sudah  tahu  semua.  Sekarang  saatnya  untk  membalaskan  sakit  hatiku  pada  semua  keluarga  Bunga.  Yang  membuat  aku  dan  Bunga  terpisah.
Aku  menatap  keluar  jendela  yang  masih  mengalirkan  wangi  melati.  Mungkin  memang  sudah  saatnya…..


3  bulan  kemudian…

    “ Mas…aduh  kok  kowe  ki  gampang  men  sembuhnyaAduh…seneng  aku!  “  seru  Suster  Miranda  melihat  perkembanganku.  Aku  hanya  tersenyum  tipis  saja.  Ada  banyak  hal  yang  berkelebat  begitu  saja  dalam  otakku.  Mungkin  Sudah  saatnya…..

     Hari  itu  sama  seperti  hari  biasanya.  Kamar  dengan  kemonotonnnya,  kekakuannya,  dengan  jeruji  yang  dingin,  dan  semilir  angin  yang  membawa  wangi  melati.  Sayang,  esok  mungkin  melati  tidak  berkembang  lagi.  Aku  sudah  mencabutnya  hingga  akar  terdalam,  dan  membuangnnya  di  tempat  sampah.  Bercampur  dengan  semua  baju  lamaku.

     Aku  menatap  dari  luar  pagar  pembatas  rumah  sakit.  Ada  suara  keributan  dari  baliknya.  Ada  suara Suster  Miranda  yang  berteriak  nyaring.  Hei…selamat tinggal.  Aku  akan  pergi  sebentar  untuk  membalas  semua  manusia  yang menarik  Bunga  dari  hidup  dan  pelukku.

May black…always  beside  me.

Amien.

No comments:

Post a Comment

Powered By Blogger