Wednesday, July 11, 2012

Kram Otak...

     Jakarta, xx Juli 20xx


     Headphoneku  sedang  mengalunkan  lagu  The  Rasmus.  Tidak  ada  yang  lebih  menyenangkan  daripada  mendengarkan  lagu  mereka  ketika  memandang  langit  biru.  Aku  ingin  mati….ingin  merasakan  mati.  Sekarang  dan  untuk  selamanya.  Aku  ingin  mati.

    Jika  kau  memandang  langit..apa  yang  kau  pikirkan ?  Aku…kenikmatan  untuk  mati  dan  tenggelam  dalam  lautan  hitam  kegelapan  tanpa  dasar.  Melayang  terbang…tapi  tentu  dengan  ditemani  oleh  headphone  yang  mengalunkan  lagu  The  Rasmusku.  Ha..ha..ha…ha..ha..  aku  ingin  membawa  pistol  berisi  satu  butir  peluru,  supaya  nanti  jika  kumati  aku  bisa  menembak  malaikat  pertama  yang  membawaku  ke  surga….he..he..he…aku ingin  berada  di  kegelapan  antara  hidup  dan  mati.  Diantara  surga  dan  neraka.  Di  rahim Ibu….



    Aku  hanya  orang  biasa  yang  ingin  mati.  Mencoba  berkali – kali  mati,  mencari  berulang  kali kematian.  Sementara  kematian  meninggalkanku  ketika  aku  mendekatinya.
    Fuuhh…aku  bangkit  dari  tidurku.  Berjalan  menuju  pagar  pembatas,  menyangkutkan  sikuku  diatas  pegangannya.  Aku  berada  di  lantai  atas  atap  gedung  tertinggi  di  Jakarta.  Indah.  Seperti  kau  sedang  melayang  diatas  Jakarta.  Dan  aku  menangis.  Dalam  hati.  Aku  ingin  mati…

    Lelah  ketika  kau  berada  dalam  perjalananmu.  Letih  dalam  penglihatanmu…dan  kau  ingin  buta.  Bosan  dengan  pendengaranmu…dan  kau  ingin  tuli.  Kau  hilang  kendali  atas  semuanya…dan  kau  hanya  ingin  beristirahat dari  control  akan  dunia  yang  sudah  mulai  menggila.  Dan kini  aku  ingin  mati….

    Agama  manapun  mengajarkan  “ JANGAN  KAU  MEMINTA  MATI,  SEBAB  HIDUP ADALAH  KARUNIA “.  Tapi  aku membencinya…aku  meminta  mati.  Sebab  itu  karunia  bagiku.
    Angin  meniup  rambutku.  Mendesaukan  nafas  laut,  tempat  Jakarta  pertama  kali  bermula.  Tempat  aku  juga  dahulu  berada….hidup dan  eksis.  Hingga  sesuatu  membawaku  pada  sebuah  ke-immortal-an.  Perjanjianku  dengan  sesuatu  yang  membuatku  terus  hidup  hingga  nanti  Sangkakala  berbunyi  lantang  dan  kiamat  datang.

    Ketika  VOC  datang  aku  sudah  berada  dalam  dunia  penjajahan.  Ketika  Jepang  mendarat,  aku  turut  menjadi  saksi.  Ketika  Soekarno  menjadi  presiden  aku  menjadi  berdiri mendengar pidatonya.  Ketika  PKI  berulah…aku  terdiam.  Aku  medapatkan  hidup dalam  mereka.  Dan  aku  mencintainya….hidupku  ada  saat  itu.  Terkejar – kejar  dalam  perburuan  buronan  PKI,  tapi  aku  merasakan  darahku  bergejolak.  Aku  tersenyum….aku  tertawa  bahagia.  Aku  menemukan  hidupku.

    Tapi  tragis….Hidupku  terenggut.  Hilang  dalam  kesunyian  zaman.  Dan  kini  aku  terdampar.  Dalam  abad  yang  sama  sekali  membuatku  muntah.  Dan  aku  benar- benar  muntah.  Memuntahkan semua  dahak  berusia  ratusan  tahun  dan  sarapan  dari abad  21.  Aku  berumur  29  tahun  dan  aku  sudah mengarungi  semua  zaman  presiden  Indonesia.

    Kini  aku  berada  pada  atap  gedung  tertinggi  Jakarta.  Menatap semuanya.  Sementara mendung  menggelayut  manja  di  langit.  Aku  tersenyum  ringan.  Sebelum  aku  melompat  dan  melayang  melewati  beribu  jendela.  Tertawa  dalam  damai…sambil  berdoa  semoga  kali  ini  aku  mati  dengan  sukses.

    Aku  rasakan  desau  angin  menerpa  dadaku.  Membuatku  melayang  sepert  burung  yang  terbang  di  angkasa.  Sekilas  aku  merasakan  aku  terbang  menuju  lintasan  zaman – zaman  yang  aku  telah  lalui.  Berkali – kali  aku  melihat  reinkarnasi  Luisa,  tunanganku  yang  kucintai.  Tersenyum  dengan  bahagia  aku  berdoa,  berharap  aku  bisa  menepati  janji  untuk  menembak  pelangi  kesukaannya.  Dia  Skizofernia  akut.  Sejak  dahulu  hingga  sekarang.  Dan aku  mencintainya.

    Aku  membuka  mata…dan  aku  melihat  kerumunan  orang berada  di  bawah  sana.  Menunjukku  dengan  muka  ngeri…mungkin.  Tapi…hilang  saja  kalian semua…sebab  aku  ingin  mati.  Ingin  reinkarnasi  lagi  menjadi  seorang  penyair  yang kasim.

    Dan….Bummmm…

    Aku  terjatuh.  Terjatuh  ke  lantai  dibawah  tempat  tidurku.

    Selalu  begini.  Ketika  kematian  hendak  kujelang,  aku  selalu  dialihkan  untuk  masuk  kembali  dalam  kehidupan.  Aku  menggelengkan  kepala  dalam  diam,  dan  mulai  merasakan  setetes  airmata  mengaliri  pipiku.

    “ Aku  ingin  mati…sekarang…saat  ini.  Supaya  aku  bisa  mencintai  dan  memeluk  Luisa.  Aku…ingin…mati  bersamanya.  Tanpa  ada  hal  lain….”  Suaraku  yang  lirih  terdengar  asing  dikupingku  sendiri.

    Kesedihan  serta  keputusasaan  berubah  menjadi  sebuah  kegeraman  dan  emosi  yang  meledak  keras  dalam  diriku.  Dan  sekejap  saja  aku  sudah  berteriak – teriak  dan  membenturkan  tubuhku  ke  dinding  kamar.

    Tidak  ada  yang  mampu  mendengarku.  Karena  sekali  lagi  ini  adalah  sesuatu  yang  dialihkan….  Kematianku  yang  dialihkan  ke  dalam  pikiranku  ketika  aku  sedang  berada  di  atas  gedung  tertinggi  dan  menjatuhkan  diri.

.................... (lampu menyala)


    Hei….aku  masih  hidup  kau  tahu…..ini  semua  hanyalah  sesuatu  yang  terjadi  dalam  pikiranku…  Tolol.  Dan  kita  ini  tolol.  Sebab  semua  yang  dilakukan  oleh  tubuh  sudah  dilakukan  oleh  pikiran.

    Bingung….sudahlah….ini  hanya  sebuah  cerita.  Cerita  dari  otak  seorang  tolol  yang  sangat  suka  bertualang  dalam  otaknya  sendiri dan menjelajah ke dalam otak - otak lainnya…

    Well…so  long  now!!  Terima kasih  atas  tempat  duduk  dan  secangkir  espresso nikmat ini.  Lihat elegannya setelan  hitam  merahku  berkibaran  ketika  aku  berjalan  menuju  kegelapan  otak  kalian.

    Yuhuuhuhu….bisakah  kalian  menyalakan  lampu  dalam  otak  kalian ?  Gelap  sekali  didalam  sini…..

................ ( Lampu Semakin terang..terang dan terang....)

Neraka, xx Juli 20XX







No comments:

Post a Comment

Powered By Blogger