Wednesday, July 11, 2012

Dalam Bayang



    Perempuan  itu  sedang  berdiri  menatap  langit  diatas  landasan  pesawat  terbang.  Sudah  terlalu  biasa  untuk  terduduk  dan  diam  sambil  memandang  langit  di  tempat  ini.
    Fiuh…betapa  semua  selalu  berubah  menjadi  apapun  yang  berbeda.  Pikir  perempuan  itu.  Kota,  teman,  keluarga,  rumah,  diri  sendiri….bagaimana  tidak,  Awan  pun  berubah  dengan  sangat  cepat  hanya  sekejap  mata….
    Angin  bertiup  perlahan.  Menggoyang  tangkai – tangkai  ilalang  dengan  hati – hati.  Perempuan  itu  sedang  terbaring  menatap  langit diatasnya.  Sebuah  sepeda  tua  yang  sedikit  berkarat  berdiri  dibelakang.  Sementara  sebuah  kamera  Canon  tua  tergeletak  di  samping  kepala  perempuan  itu.
    Mata  perempuan  itu  perlahan  terpejam.  Ia  tertidur.
    Matahari  hanya  terlihat  mengintip  dari  balik  awan  putih.


.......

    “  Diandra….kamu  itu  kalau  bikin  cerita aneh  banget  tahu  gak…  aku  juga  bisa  bikin  cerita  seperti  ini.  Tinggal  kamu  buat  cowok  cewek  pacaran.  Salah  satu  mati…sudah  selesai.  Model  seperti  ini  mau  jadi  penulis.  Sampah  banget..”  cibir  Gea  sambil  melemparkan  kertas  cerita  pendek  Diandra.  Diandra  hanya  menunduk  dan  berusaha  mengumpulkan  semua  kertas  yang  berserakan.
    Gea  yang  masih  berdiri  melihat  tindak  tanduk  teman  sekelas  yang  pendiam  itu  memberi  kode  teman  segengnya  untuk  beranjak  dari  sana.  Gea  hanyalah  salah  satu  orang  yang  tidak  suka  kemajuan  temannya.  Tabiat  kasar  manusia  Indonesia  sesungguhnya.
    Diandra  merapikan  tumpukan  kertas  itu  dalam  plastiknya.  Wanita  kecil  itu  hanya  menghela  nafas  panjang.  Kenapa  mereka  harus  seperti  itu ?  Mereka  punya  semua  hal….sementara  aku  hanya  mendapatkan  hal  ini.  Pikir  Diandra  dengan  sangat  sedih.
    Perlahan  dia  berjalan  diselasar  kelas.  Menghilang  dibalik  kerumunan  orang  menuju  dalam  ruangan  perpustakaan.
    Sebuah  trauma  yang  sangat  aku  benci  dengan  sangat  amat…..  cetus  pikiran  Diandra  begitu  saja  ketika  angin  berhembus  kencang.

 ......

    Matanya  kembali  nyalang  menatap  langit  yang  kini  berubah  menjadi  putih.  Tertutupi  oleh  arakan  awan  yang  sangat  indah.  Sudah  begitu  lama  dia  berbaring  dengan  santai  seperti  itu.  Hanya  dengan  alas  karpet  plastic  dan  bekal  sebotol  air  mineral  dingin,  ia  sudah  berada  disana  selama  4  jam.
    “ Adakah  sebuah  cinta  yang  kau  miliki….beralih  kepadaku ? “  bisik  Diandra  mengulang  sebuah  dialog  dalam  naskah  drama  yang  dia  buat.
    Wanita  itu  terdiam  sejenak  sebelum  bangkit  untuk  duduk.  Sebelum  airmata  menetes  dilututnya. Sebelum  ia  kembali  merasakan  kehancuran  dalam  hatinya.  Keruntuhan  benteng  hatinya  yang  seharusnya  sudah  mampu  dia  bangun  dengan  kokoh  meski  compang – camping.  Koyakan  yang  terjadi  karena  kesalahannya  menjadi  seorang  yang  sangat  sabar  dan  terlalu  mencintai.  Yang  telah  salah  jatuh  cinta….kepada  seseorang  bernama  Dino.  Kesalahan  yang  selalu  ia  tahu…akan  menjadi  cinta  seutuhnya  bagi  manusia  itu.
    Hai….apa  kabar…  bisik  seseorang  diantara  angin  ilalang.
    Diandra  tersenyum  sebelum  memejamkan  matanya,  hei…apa  kabar  juga….sudah  lama  kau  tidak  muncul  disini….  Sudah  sejak  aku  berumur  6  tahun  ya….kau  menghilang  dengan  begitu  saja…
    Sosok  itu  terkekeh  geli.  Gemerisik  batang  ilalang  bergesekan  ketika  ia  duduk  di  tanah  yang  hangat.  Aku  kangen  denganmu….apalagi  beberapa  saat  yang  lalu  kau  memanggilku.
    Diandra  agak  kaget.  Kapan  aku  memanggilmu ?
    Ketika  kau  sedang  tertidur  di  depan  komputermu  yang  terketik  selembar  dokumen….” Namanya  Shandro “  Bukankah  itu  namaku ?  jawab  sosok  itu  dengan  santai.
    Hei…nama  dalam  cerita  itu  bukan  berarti  kamu….dasar  gede  rasa…  sungut  Diandra  dengan  muka  sedikit  bertekut.
    Sosok  itu  tertawa  sebentar.  Kemudian  berdua  mereka  mengheningkan  cipta  sambil  menatap  wajah  langit  yang  semakin  cerah.  Sebuah  kedamaian  yang  sejak  Shandro  menghilang  dahulu  Diandra  tak  dapatkan  lagi.
    Dee….kamu  sedang  sakit….  Shandro  berbicara  dengan  lirih.
    Ya..aku  tahu.
    Tidak…kamu  tidak  tahu….sebab  kamu  mencoba  membohongi  dirimu  sendiri.  Kau  sakit  jiwa  Diandra….lebih  sakit  dibandingkan  dengan  ketika  terakhir  kali  kita  bertemu.  Bentak  Shandro  agak  meradang.
    Diandra  hanya  terdiam  dan  tersenyum.
    Kamu  sakit….lihat…jiwamu  sakit…jiwamu  merintih…dia  ingin  kamu  bebaskan  hatinya.  Ingin  kamu  tegaskan  bahwa  kamu  mencintai….dirinya!!  Manusia  brengsek  itu…..  Shandro  mulai  meradang  lagi.
    Dia  cintaku….selama  apapun  akan  aku  tunggu.  Jikalau  dia  memutuskan  akan  memilih  dirinya….aku  tetap  mencintai  dan  selalu  menunggunya…begitupun  jika  dia  memintaku  menerimanya  kembali….  Aku  akan  selalu  menerimanya  dengan  penuh  cinta.  Diandra  tersenyum  dalam  lelehan  airmatanya.  
    Kamu  bodoh……tetap sama  seperti  dulu.  Aaaahhhh……  bentak  Shandro  sambil  melempar  kerikil  yang  dari  tadi  dia  permainkan  ditangannya.
    Diandra  masih  terguguk  dalam  tangisnya.  Shandro  berdiri  membelakanginya.  Bahu  sosok  itu  turun  dari  gunung  emosinya.  Dia  berbalik  menatap  Diandra  dengan  kedua  tangan  disaku  celana.
    Kesabaranmu….kepercayaanmu….serta  kebodohanmu  untuk  memberikan  cinta  sepenuh  hati……  hehehe,  jika itu  tidak  kamu  lakukan…itu  bukanlah  kamu…..   tegur  Shandro  kini  tersenyum  sambil  menyusuti  lelehan  airmata  Diandra.
    Diandra  menjadi  tersenyum  dalam  tangisnya  yang  mulai  mereda.  Dia  memandang  Shandro  dengan  matanya  yang  mulai  jenaka.
    Jika  kamu  tidak  seperti  itu….aku  pastilah  tidak  akan  mengenali  dirimu….hem,  betul  bukan…..  Dan  Shandro  terkena  hantaman  bogem  mentah  Diandra.
    Tertawa  mereka  berdua  membaringkan  diri  di  atas  karpet  plastic Diandra.  Awan  kembali  berarak  dalam  langit  yang  masih  biru  dan  tenang.  Sekejap  mereka  berdua  tertidur  dalam  hening  angin.

.......

    Jadi….apa  yang  akan  kamu  lakukan ?   Tanya  Shandro  tiba – tiba  saja. Membuat  Diandra  membuka  matanya  yang  terpejam.
    Entah….mungkin  aku  akan  mencoba  memberikannya  waktu.  2 tahun.  Hingga  saat  itu  tiba….aku  tetap  selalu  menunggunya….tetap  menjadi  pacarnya,  kekasihnya….bersabar  dengan  keadaan  yang  sekarang  ini.  Diandra  menghela  nafas  setelah  berbicara  dengan  nada  yang  sangat  sabar.
    Shandro  menatap  wajahnya  lekat – lekat.  Kamu  semakin  sabar….  Semakin  menjadi  manusia  biasa  yang  begitu  rapuh.
    Hei…mungkin  ini  memang  yang  terbaik  bagi  diriku.  Lagipula  aku  masih  harus  membuat  Mama  bangga….siapa  tahu  jika  dia  memutuskan  untuk  meninggalkan  aku,  aku  bisa  berpegang  bahwa  aku  ternyata  juga  punya  kebanggaan  terhadap  diriku  sendiri….  Tutur  Diandra  dengan  sangat  pelan  sambil  matanya  menatap  helicopter yang  tinggal  landas  dan  terbang  diatas  mereka  berdua.
    Tapi  jalanmu  masih  panjang….    
    Dro….aku  mencintainya…tapi  aku  harus  tahu  bahwa  aku  mendapatkan yang  terbaik  dari  hatinya.  Maka  aku  akan  sabar  menunggunya….entah  sampai  kapan.  Hatiku  terbawa  olehnya.  Diandra  kembali  memejamkan  matanya.
    Apa  kamu  tidak  memikirkan  perasaan  wanita  itu ?  Tanya  Shandro  lagi.
    Aku  memikirkannya…maka  aku  mencoba  untuk  tidak  mendesak  Dino  untuk  memilih  antara  aku  atau  dia.  Aku  lebih  baik  menunggu  dalam  hening.  Menunggu  dalam  cintaku….
    Shandro  hanya  menggelengkan  kepalanya.  Seakan  tak  mempercayai  jawaban  Diandra  yang  begitu  lirih  namun  tegas.
    Yah…aku  akan  coba  untuk  berfokus  pada  kuliah  dan  tetap  menjalani  kehidupanku  dengannya  secara  biasa.  Seperti  pertama  kali  kami  bertemu.  Aku  ingin  mendekatkan  diri  padanya  dan  membuat  bangga  Mama.  Diandra  berbaring  lagi.
    Dee….. Shandro  memanggilnya  dengan  nama  kesayangannya  yang  sudah  begitu  lama  tidak  dia  dengar….  Semoga  kamu  dapatkan  yang  terbaik  untuk  dirimu  dan  hidupmu.  Disamping  itu  semua….ingatlah  kamu  masih  punya  aku….Rino,  Anggra,  Chris….dan  semua  temanmu  dan  keluargamu…
    Diandra  mengangguk  seperti  batang  ilalang  yang  tersentuh  lambaian  angin.  Lemah  namun  kuat.  Shandro  tak  pernah  habis  mengerti  kenapa  seorang  wanita  seperti  ini  harus mendapatkan  perlakuan  dunia  yang  sangat  menyakitkan…..
    Diandra….cintanya….kesabarannya….kenaifan  yang  selalu  ada  diwajahnya….supelnya  yang  begitu  cerah….  Shandro  mengenal  semua  sifat  Diandra  dengan  sangat  jelas.  Namun  kini  Shandro  tahu  Diandra  banyak  berubah.  Diandra  lebih  sabar…lebih  mudah  untuk  menerima  semua.  Kehidupan  yang  harus  dibayar  mahal  oleh  kesakitan  hati  yang  terus  menjerit  diperlakukan  seperti  itu.
    Shandro…  Diandra  memanggilnya  sambil  menatap  sosok  Shandro  yang  duduk  bersidekap  lutut.  Shandro  menatapnya  sambil  mengirimkan  sebuah  tatapan  heran.
    Ada  apa ?
    Terima  kasih….sudah  mau  datang  dan  mengatakan  bahwa  aku ternyata  memerlukan  kamu….  Kamu  adalah  teman  terbaikku.  Diandra  berbicara  dengan  pandangan  yang  sangat  lembut.
    Terima  kasih….sekali  lagi  terima  kasih….  Bisik  Diandra  sambil  bangkit  dan  berbalik  menuju  sepeda  dan  canonnya.  Ia  mengayuh  sepedanya  menghilang  dari  Shandro  yang  masih  tetap  termenung.
    Jangan….Aku  mohon  jangan.  Maafkan  aku,  Tuhan….aku  tak  mampu  mencegahnya…..


    Diandra  menatap  pigura  yang  memperlihatkan  fotonya dan  Dino yang  tersenyum  mesra.  Perlahan  dia  mengelus  gambar  bibir  yang  selalu  dikecupnya  setiap  kali  bertemu  dengan  penuh  kangen  dan  cinta.
    Wanita  itu  tersenyum  dengan  sangat  lembut  sebelum  membisikan  sebuah  mantera  cinta  dari  angin  padang  ilalang.  “  Aku  mencintaimu….seutuhnya.  Menunggumu  selama  kau  mau.  Selalu  mencintaimu….”
    “ Dan  maukah  kau,  angin….kutitipkan  sebuah  nyawa  yang  begitu  menderita  karena  cinta  ?  Malam  ini  aku  mencintainya….esok….lusa….setahun…2  tahun…hingga  saatnya  kelak  aku  dipanggil  oleh  Yang  Kuasa.  Aku  mencintainya…..selalu  seutuhnya,  dengan  kesabaran  yang  begitu  dalam.  “  Diandra  kembali  mengutip  dialog  dalam  salah  satu  naskah  dramanya  yang  belum  lagi  selesai.
    Pelan ia  membawa  pigura  foto itu  dalam  dekapannya.  Membawanya  dalam  pembaringan.  Mendekapnya  dengan  begitu  mesra.  “ Dino,  aku  mencintaimu…..”  Dan  mata  Diandra  terpejam.

    Pagi  hari…..
    Diandra  meninggal  dengan  senyuman  dan  foto  yang  terdekap  di  dadanya.  Serangan  jantung.  Diantara  tumpukan  naskahnya…diantara  berjuta  cerpennya  yang  belum  selesai….diantara  cintanya  yang  sabar  dan  dalam  untuk  sang  kekasih.
    Shandro…..menatap wajah  Diandra  dengan  pilu.  Menatapnya  sebelum  menghilang  dalam  negeri  antah  berantah.  Tempat  ia  menunggu  seperti  dulu.  Hingga  saatnya  seorang  anak  perempuan  mungil  dan  memintanya  menjadi  temannya  yang  tak  terlihat.
    Diandra….cintamu  akan  aku  ceritakan  pada  mereka  dan  dunia…  cintamu  yang  tanpa  batas….dan  kesabaran  yang  begitu  dalam.  Tersenyumlah  selalu….  Aku  menyayangimu,  Putriku.
    Awan  masih  berarak  dengan  tenang  dalam  langit  yang  biru.  Sementara  di  padang  ilalang  angin  berhembus  kencang.  Membawa  bisikan – bisikan  lirih  yang  tak  mudah  tercerna.
    “ Aku  mencintaimu…ssshshshssss……...selalu  seutuhnya…aku  mencintaimu  dengan……..ssshshshhsss……..segala  kesabaranku…aku  mencintaimu….selalu  seutuhnya….sshsss….”
    Dan  awan  kini  berubah  mendung.



Dalam  cinta  dan  kesabaran
Aku  tetap  menunggumu…..
Juli 2012

No comments:

Post a Comment

Powered By Blogger