Wednesday, July 11, 2012

Seseorang Di Balik Awan


    Allegra  baru  saja  keluar  dari  kamar  mandi,  ketika  didengarnya  suara  pesawat  terbang  rendah.  Seketika  itu  juga  dia  berlari  menuju  balkon dan  menatap  awan.

    Sebuah  helicopter  terbang  melintas.  Allegra  tersenyum  sebelum  melambaikan  tangan  pada  helicopter  itu.  Sebuah  kebiasaan  yang  selalu  diajarkan  oleh  almarhum  Papa.

    “ Papa…betapa  Egra  ingin  melambaikan  tangan  seperti  dahulu  ketika  Papa  melintas di  atas  rumah  seperti  helicopter  itu. “  bisik  Allegra  menatap  sendu  awan  di  langit  biru.

    Papa  Allegra  meninggal  ketika  Allegra  sedang  kuliah.  Papa  adalah  seorang  pilot  tapi  Allegra  selalu  menyebutnya  tukang  terbang.  Papa  meninggal  dalam  pesawatnya…Papa  terkena  serangan  jantung  sesaat  sebelum  ia  lepas  landas.  Hal  itu  membuat  Allegra  shock  berat.  Papa  adalah  pahlawan  terbang  Allegra.  Kini  Allegra  tidak  bisa  menemui  pahalawan  terbangnya  meluncur  diudara  sambil  melambaikan  tangan.

    Kehidupan  Allegra  semakin  rumit  ketika  Mama  pergi  menyusul Papa.  Selang  5  bulan  setelah  kematian  Papa.  Kini  Allegra  tinggal  sendirian  dalam  rumah  bertingkat  yang  dahulu  penuh  dengan  canda  tawa  mereka  bertiga.

    Yah…mungkin  Tuhan  ingin  merencanakan  sesuatu  terhadapku.  Dan  aku  yakin  ini  adalah  hal  yang  terbaik  bagiku.  Cetus  Allegra  dalam hati.



    Sedikit  melamun  ia  menyandarkan  kepala  di  pilar  balkon.  Tiba – tiba  helicopter  yang  tadi  lewat,  terbang  kembali  di  depannya.  Dengan  senyuman  lagi  wanita  muda  itu  melambaikan  tangan.

    “ Ehhh – hee…memangnya  itu  Papa,  yang  selalu  mengamati  aku  yang  berdiri  di  balkon  ini.  Weeee…jangan – jangan  pilotnya  pikir  aku  orang  gila…dadah – dadah  ke  helicopter  tidak  dkenal.  Sudah  ah…mau  lanjutkan  tugas….”  Tutur  Allegra  berbalik  menuju  kamarnya.

    Selang  10  menit  kemudian  helicopter  itu  kembali  berputar  di  depan  balkon,  sayang  Allegra  tidak  melihat….sayang  Allegra  tidak  melambai,  sebab  didalamnya  Ari  sedang  menunggu  lambaian  tangannya.

.......

  
    Ari  baru  saja  keluar  dari  kamar  mandi  ketika  Dillo  memasuki  ruang  ganti.  Dillo  menatap  wajah  Ari  yang  sedikit  mengerut.  Sesuatu  sedang  dipikirkan  oleh  teman  baiknya  itu.

    “ Kenapa  lo,  Nyet ?  Kelamaan  di  kamar  mandi  muka  lo  jadi  kisut  tuh…”  Banyol  Dillo  sambil  membuka  pakaian  dinasnya.

    Ari  melirik  tajam  pada  sahabat  kentalnya  semasa  SMP  itu.  “ Heh….tupai,  mandi  saja  lo…buat  orang  kesel  saja  kalau  terus  berdiri  mejeng  disini…”  gerutu Ari  membalas  banyolannya.

    Dillo  langsung meletakkan  pantatnya  di  samping  Ari.  Wajahnya  sumrngah  sementara  matanya  menatap  foto  sang  istri  yang  tersenyum  manis  di  pintu  lemari  lockernya.  Ari  melihatnya  dengan  pandangan  sinis  kemudian  melarikan  pandangannya  menuju  lantai  kamar  ganti.

    Dillo  yang  masih  mesem – mesem,  semakin  berbinar  matanya  mengetahui  tindak – tanduk  Ari.  “ Bro…gue  mengerti  kok…lo  itu  sedang  jatuh  cinta….Ha ha ha ha ha….”  Celetuk  Dillo  sambil  merangkul  bahu  Ari.

    “ Ah…iya..iya..iya…gue  lagi  jatuh  cinta…tapi  masalahnya  gue  merasa  aneh  saja.  Gue  tidak  tahu  siapa  wanita  itu…gue  tidak  tahu  nama,  umur,  rumah,  keluarga….  Ini  tidak  logis  sama  sekali,  dan  gue  merasa  ini  siksaan berat. “  Ari  langsung  merepet  menceritakan  perasaannya  yang  selalu  ditahan  semenjak  3  bulan  lalu  ia  terbang  sendirian.

    Dillo  langsung  mengubah  air  mukanya  menjadi  serius.  Dia  tahu  temannya  ini  paling  tersiksa  ketika  harus  berhadapan  dengan  sesuatu  yang  sama  sekali  abstrak  dan  tidak  masuk  akal,  tidak  logis.  Tapi…ini  masalah  cinta,  mana  ada  cinta  yang  logis…semua  tidak  logis!!  Kata  Dillo  dalam  hati  menggelengkan  kepala  menatap  temannya.

    “ Bro…sekarang  coba  lo  cerita  siapa  wanita  yang  beruntung  ini ? “

    Ari  duduk  sambil  memejamkan  mata  mengulang  semua  memorinya.  “ Dia  seorang  wanita  yang  selalu  melambai  setiap  aku  terbang  diatas  perumahan  disebelah  Utara  lapangan.  Gue  selalu  merasakan  senyumannya…kalau  dia  tidak  melambaikan  tangan  dari  balkon  itu  rasanya  gue  kehilangan.  Gue  rindu.  Dan  lama  kelamaan  gue  menjadi  ingin  mengenal  dia…  Ingin  tahu  dia….”

    Dillo  mengangguk – anggukan  kepala  mirip  kakatua  yang  sedang  minta  makan.  Sebal  melihat  tingkah  kepala  Dillo,  Ari  langsung  menjitaknya.

    “ Lo  itu  serius  ingin  bantu tidak  sih….”  Kata  Ari  cemberut.

    “ Setan…iya – iya….gue  serius.  Besok  lo  tebang  pagi  sama  gue.  Biasanya  jam  berapa  dia  biasa  keluar…”

    “ Jam  9…yah  sekitar  jam  segitulah…  Jadi  benar  lo  mau  bantu  gue ? “  harap  Ari  sambil  memandang  temannya  yang  lebih  tua  3  tahun  ini.

    “ Yup..it’s  okey  for  me.  Tapi  ada  imbalan  dong….belikan  gue  bakso  atom  4  porsi  ya….”  Tawar  Dillo  sambil  bangkit  berdiri  dan  mulai  melepas  bajunya.

    Ari  mengangguk  tanda  setuju.  Gue  beliin  lo  10  porsi  sampai  lo  meledak  kekenyangan  juga  oke  saja  yang penting  gue  bisa  tahu  wanita  itu….  Kata  Ari  dalam  hati.  “ Dillo…gue  balik  duluan  ya!!  Jangan  lupa  besok…gue  tunggu. “  teriak  Ari  pada  Dillo  yang  baru  saja  masuk  kamar  mandi.

    Man,  aku  sudah  tak  sabar  menunggu  besok  tiba….  Bisik  Ari  dalam  hatinya.

......

    Allegra  sedang  melamun  sendirian  ditemani  oleh  desau  angin  dan  kicauan  burung.  Pikirannya  melayang – layang  entah  kemana.  Sebuah  suara  menderu  membuatnya  mengangkat  kepala  dan  menatap  langit.  Sebuah  helicopter  yang  sudah  ia  kenal  berjalan  menuju  arahnya.  Seperti  biasa,  sebuah  senyuman  dan  lambaian  tangan.

    Dillo  langsung  beraksi  dengan  sebuah  kamera  jarak  jauhnya.  Selesai  ia  memotret  sang  objek  yang  sedang  berdiri  di  balkon  dan  melambaikan  tangan.  Ia  langsung  mengacungkan  ibu  jari  dan  Ari  segera  melarikan  heikopternya.

    Allegra  sedikit  terperangah  melihat  gerakan  helicopter  yang  tidak  biasa  itu.  Tapi  dengan  segera  ia  langsung  melupakannya.  Sebuah  tugas  membuat  pikirannya  terfokus.  Ia  berbalik  untuk  masuk  dan  mulai  untuk  menyiksa  diri  dalam  tumpukan  tugasnya.  Awan  sedang  berarak…dan  langit  terlihat  indah.

    Allegra  berhenti  dari  tugas  mengetiknya,  ia  menatap  awan  putih  di  langit.  Hu – uh…sebenarnya  aku  ini  kenapa  ya ?  Aku  selalu  rindu  dengan  kebiasaan  helicopter  itu.  Aku  ingin tahu  seperti  apa  wajahnya…  apakah  dia  seperti  Papa ?  Ah…setiap  manusia  tentu  punya  kelebihan  masing – masing.  Hey…kenapa  aku  harus  mempermasalahkan  tampang  penerbang  itu ? Tokh…aku  tak  mengenal  dia  dan  aku....  Allegra  terdiam  ..Apa  mungkin  aku..hiks..Jatuh  cinta ?  Oh  my  God…  Pikiran  yang diangapnya  gila  itu  membuat  focus  pada  tugasnya  teralih  dan  terpecah.

    “ Ahhh…sudahlah…stop….ayo  kerja  lagi…”  tegur  Allegra  pada  dirinya  sendiri  untuk  berhenti  memikirkan  si  penerbang  itu,  yang  selama  lebih  dari  seminggu  sudah  menyita  pikirannya.

    Dan  awan  masih  tetap  berarak  dengan  jejaknya  yang  seputih  kapas.


.......


    Sudah  3  hari…  aku  tidak  mendengar  suara helicopter  itu.  Hey  sudahlah…kenapa  harus  memikirkan  hal  itu..ayo..ayo…ayo…alihkan  menuju  tugas  yang  harus  selesai  di  hari  indah  ini….  Putus  Allegra  dalam  hati  dengan  panic  mendapati  dirinya  selalu  memikirkan  si  penerbang  itu.
    Tapi  rasa  rindu  yang  membuncah  membawa  kakinya  berlari  keluar  rumah  untuk  memandangi  awan  yang  berarak  dan  langit  biru  yang  terbentang  dengan  sangat  jernih.

 Indah…sangat  beruntung  aku..mengikuti  kata  hati  untuk  keluar  dan  memandang  langit….seru  Allegra  dalam  hati.  Tiba – tiba  ia  terpekur…Atau  hatiku  ingin  aku  menunggunya ?  Ahhh…langit  memang  sangat  indah  hari  ini…

Dan  langit  memang  indah…..

    Seindah  perasaan  Ari  ketika  mendapatkan  foto  Allegra  yang  sedang  tersenyum  manis  dan  melambai  padanya,  hari  ini.  Akhirnya  setelah  3  hari  harus  berkutat  dengan  folder – folder  tanpa  terbang  dengan  senyumanmu,  aku  berhasil  mencetak  fotomu.  Well…ternyata  engkau  cantik  ya!  Kata  Ari  sambil  mengelus  foto  Allegra.  Bisakah  kita  bertemu  dan  lebih  saling  mengenal ?  hegh….Cinta  itu  sangat  tidak  logis.  Teramat  sangat  tidak  logis.  Pikirannya  yang  menerawang  membuat  senyuman  terkembang  diwajahnya.  Dillo  yang  sedang  menghabiskan  isi  mangkuk  bakso  atomnya  hanya  tertawa  menatap  sang  teman.

    “ Hah….hah…gimana…haha…kalau  kita  besok…hah…pergi  ke  rumah  dia…hah…”  Tanya  Dillo  sambil  megap – megap  kepedesan.

    Ari  langsung  mengarahkan  tatapan  ke  wajah  Dillo  yang  merah  padam  menahan  pedas.  “  Lo  becanda…”  ujarnya  singkat.  Tapi  gelengan  kepala  Dillo  membuat  wajahnya  semakin  tegang.

    “ Gue..hah..tidak  becanda…hah..atau..hah…lo  mau  kita  jalan  sekarang…okey…diam  berarti itu  tandanya  lo  setuju…Mas,  tolong  billnya  ya…Hah..hah…”  kata  Dillo  cepat  tanpa  menunggu  sanggahan  dari  Ari  yang  terpaku  dengan  mulut  terlongo.  Setelah  membayar,  tanpa  menunggu  kesadaran  Ari  pulih…Dillo  langsung  menggamitnya  dan  menendangnya  ke  dalam  Terrano  hitam  miliknya.

    Kepulan  debu  menandai  kepergian  mereka  berdua.



......


    Ari  menatap  seorang  wanita  muda  dengan  kemeja  ungu  dan  celana  jeans  biru  tua  sedang  asyik  menatapi  langit.  Rambut  halusnya  dimainkan  oleh  jari  angin,  sementara  jari  wanita  itu  juga  asyik  memuntiri  sekuntum  bunga  kamboja  merah  muda.

    “ Well…lo  puas  dengan  saran  gue  kan ? “  kata  Dillo  yang  duduk  di bangku  pengemudi.

    Ari  mengangguk.  “ Hemm….aku  mungkin  bisa  berhari –hari  menatapinya  seperti  ini.  Apakah  mungkin  gue  bisa  mengenalnya ?  Dill,  biasanya  lo  ada  ide  untuk  deketin  wanita….”

    Dillo  langsung  menuliskan  sesuatu  pada  secarik  kertas  yang  langsung  disodorkan  kepada  Ari.
    “ Apaan  nih ? “  Tanya  Ari  tak  mengerti.

    “ Alamat  palsu.  Ceritanya  lo  tanya  alamat  sama  dia,  mumpung  lo  disini.  Cepet  turun.  Atau  lo  mau  selamanya  diam  seperti  gue  waktu  lihat  Natasha  menikah ? “  Ari  memilih  yang  pertama.  Perlahan  ia  mendekati  wanita  itu.

 ......

    Allegra  termenung  menatap  awan.  Sekuntum  bunga  kamboja  asyik  dipuntiri  oleh  tangannya.  Ada  perasaan  rindu  dengan  suara  helicopter  yang  biasa  melewati  balkon.  Hem,  kemana  ya ? Apakah  pindah  tugas…atau  sedang  tugas  keluar.  Atau…  Sebuah pikiran  buruk  terlintas  dalam  benak  Allegra.  ….Eulleuh….dia  itu  tidak  kenal  aku,  kenapa  harus  aku  pikirkan  ya ?  Tampangnya  pun  aku  tidak  tahu…hegh,  ada  apa  denganku  ini ?  tegur  Allegra  pada  dirinya  sendiri.

    Beralihnya  pikiran  membuat  mata  Allegra  bersitatap  pada  seorang  pria  yang  berdiri  di  pojok  jalan.  Menatapnya.  Hei…siapa  itu…

    Pria  itu  tiba – tiba  berjalan  mendekatinya.  “ Maaf, selamat  siang…”  sapa  Pria  muda  dengan  potongan  rambut  cepak  itu.

    “ Ya..selamat  siang.  Ada  yang  bisa  saya  bantu ? “  Balas  Allegra  sambil  menampilkan  senyuman.  Ari  langsung  berkeringat  dingin.

    “ Ini…saya  hendak  menanyakan  alamat  ini.  Apa  betul  berada  di  perumahan  ini ? “  Tanya  Ari  sambil  mendekatkan  diri  ke  Allegra.

    Sebuah  aliran  listrik  menyentak  batin  Allegra.  Mungkinkah  dia  si  penerbang  helicopter  itu ?  Ah…mana  mungkin!!!  Pikir  Allegra  menatap  alamat  yang  diberikan  Ari.  Dan  seketika  itu  juga  dia  tersadar  bahawa  alamatnyalah  yang  tertulis  di  kertas  itu.

    “ Hei..ini  alamat  rumah  ini.  Saya  pemiliknya,  Allegra.  Apa  saya  mengenal  Anda ? “  Tanya  Allegra  dengan  sedikit  terkejut.

    Ari  langsung  menarik  kembali  kertas  itu  dan  melihat  nomor  dan  blok  rumah  itu.  Setan…Dillo  benar – benar  memberikan  alamat rumah  ini !!  Teriak  Ari  sambil  mengarahkan  lirikannya  pada  mobil  Terrano  hitam  yang  terparkir  manis  di  depan  sebuah  rumah  yang  baru  dibangun. Ari yakin Dillo tersenyum lebar sambil mengabadikan dalam video dari handphonenya.

    “ Ehm…sebenarnya…ehm…saya  orang  yang  menerbangkan  helicopter  yang  selalu  melewati  rumah  Anda.  Ehm..saya  hanya  ingin  mampir  saja…ehm…karena  saya  penasaran  kenapa  Anda  senang  sekali  melambaikan  tangan  ke  helicopter  saya…ehm..nama  saya  Ari. ”  tutur  Ari  dengan  terpatah – patah.

    Allegra  berbisik, “ Oh, My God…Oh  Papa…inikah  rencana  Tuhan  padaku  ?  Dia  ternyata  begitu  indah !! “

    Dan  awan  kembali  berarak  dalam  langit  yang  indah.



Sebuah  cerita  kecil  dalam  terik  siang
dan  indahnya  awan  yang  berarak  di langit  biru  cerah.
Awal  Juli,  2012.  

No comments:

Post a Comment

Powered By Blogger